anakku Salma

anakku Salma
Salma di Safari

Kamis, 04 Juli 2013

Bakso Ayam Homemade

Punya dading ayam dada yang baru keluar dari freezer buat salma ibu bikinin apa ya untuk yang blm bs makan ayam,,,, buat ibu dan bapak bikin chicken popcorn (bumbu rendamannya pake bumbu rendaman ayam bumbu...hehehe, mau siangkat dan males ngecarik, tepungnya pake bikin sebentar seperti resep ayam krispi tapi hanya tepung terigu, baking powder dan bumbu, jadinya mantap banget) 
Singkat cerita inget pernah buka blog JTT (justtryandtaste.com) resep bakso, dengan mengandalkan daya ingat, eksperimen terjadi... teknik membuat bakso pun dilakukan, apakah hasil akhir bakso menjadi kenyal dan terjadilah eksekusi ngacak ngacak dapur,,,suasana dapur menjadi ribut karena food prosesor bekerja keras, menghaluskan daging.

Bakso Ayam Homemade 

bahan:
1 bagian daging dada ayam (potong 8)
1 siung bawang putih
1 sdt kecap asin
garam, merica, gula pasir
minyak wijen, setetes
minyak ikan, setetes
1 blok es batu 
1 sdm air es
2 sdt tepung maizena

cara membuat:
1. masukkan semua kedalam food prosesor, kecuali maizena. proses sampai daging benar2 halus.
2. didihkan air dalam panci, siapkan baskon berisi air es
3. masukkan tepung maizena ke adonan, aduk hingga rata atau diblender lagi sebentar
4. matikan api jika air dipanci sudah benar2 mendidih
5. celupkan tangan dalam air es ketika mau memegang adonan
6. tekan sampai adonan keluar dari kepalan tangan kita (antara jempol dan telunjuk), ambil adonan yang sudah membulat dengan sendok masukkan dalam panci yang airnya telah panas, lakukan sampai adonan habis
7. setelah membentuk bansonya sudah selesai nyalakan api kompor kecil saja, masak sampai bakso mengapung.
8. siapkan baskom berisi air es (air harus dingin, saja tambahkan dengan 1 blok es batu)
9. angkat bakso yang sudah mengapung (air dalam panci jangan sampai mendidih yang bergolak) masukkan dalam baskom berisi air es tadi, diamkan sebentar.
10. tiriskan bakso tadi, siap disimpan di chiller or kulkas atau diolah lagi.

ternyata setelah baca resep aslinya banyak yang aku skip di resepnya, maklum cuma berdasarkan daya ingat. tapi metode membuat bakso tadi diatas katanya supaya bakso kenyal. hasilnya benar kenyal, seperti bakso...hehehe
tapi belum berani pake daging sapi karena pasti PR untuk menghaluskan daging sampai benar2 halus, ayam aja rasanya lumayan lama.
Sampe salma sempet nangis krn kok lama mesinnya ga mati2, salma suka kaget n ga suka sama suara blender dan kawan2nya itu.

Sukses, salma doyan baksonya, walaupun ketika dia ketemu yang ga halus dilepeh. gapa ya.. yang penting anaknya doyan, udah dibikin dengan kombinasi sup tomat dan sup tofu (favorit salma egg tofu).

next mission mau bikin bakso bakar buat salma terus ditusuk pake food pick kayaknya lucu deh...
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar