anakku Salma

anakku Salma
Salma di Safari

Rabu, 03 Juli 2013

Cake Coklat kukus modif dr JTT

resep diadaptasi lagi dari Just Try and Taste, cuma saya ga pake topping bahan biasa main filling dan modif stock yang ada. ini saya sertakan bahan asli nya tapi tidak ada toppingnya.kena angin malas nulis ulang resepnya (maaf mbak endang ijin copas).  saya kmrn bikin 1/2 resep saja. resep yang super kece, bahannya hemat, bikinnya ga pek ribet alias ga pake mixer, ga pake oven, dan ngukusnya ga pake lama. ini gambar hasilnya yang saya bikin...

Tampilannya setelah matang

Setelah dipotong slice

 
Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake)
Resep diadaptasikan dari The Lazy Chef, Steamed Moist Chocolate Cake
Bahan cake:
- 170 gram mentega/margarine ---> 85 gr
- 150 gram gula halus        -----------> 60 gr + 1sdt gula halus (next time dikurangin lg)
- 200 ml susu cair               -----------> 100 ml
- 2 butir telur ayam, kocok lepas dengan menggunakan garpu -----> 1 butir
- 110 gram tepung terigu protein rendah atau serba guna (mis. Segitiga Biru atau Kunci Biru) ---> 55 gr
- 50 gram coklat bubuk (resep asli 60 gram) ----> 10 gr + 10 gr susu bubuk
- 1/4 sendok teh baking soda (resep asli 1/2 sendok teh), jika tidak pakai BS ganti dengan 1/4 sendok teh baking powder ----> ga pake belum beli
- 1 sendok teh baking powder (resep asli 1/2 sendok teh), sebaiknya gunakan BP double acting, kondisi masih fresh agar bekerja dengan baik dan cek masa kedaluarsanya ----> 1/2 sdt
- 1 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/4  sendok teh vanili bubuk       -----> setetes essence vanilla
Cara membuat:
Siapkan loyang yang berlubang tengahnya, saya menggunakan loyang chiffon dengan garis tengah 25 cm. Anda bisa menggunakan loyang loaf. Olesi mentega agak banyak dan taburi tepung terigu hingga merata. Pastikan seluruh permukaan loyang tertutupi tepung.
# saya pake ramekin bulat kecil 2 buah. oles mentega & tabur tepung. (hanya 1/2 resep)

# Dalam panci kecil, campur gula, mentega, susu. Panaskan hingga gula dan mentega larut, aduk-aduk. Angkat, biarkan supaya agak sedikit mendingin.

# Ayak bahan kering: tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder di dalam mangkuk. Sisihkan.

# Jika larutan mentega gula sudah agak hangat tandanya jari tangan anda telah bisa dicelupkan ke dalamnya, tambahkan essence vanilla & telur kocok dengan whisk hingga rata. Jangan masukkan telur ketika mentega dan gula masih panas karena telur ayam bisa menjadi berserabut. Aduk rata.

Masukkan larutan telur, mentega dan gula sedikit demi sedikit ke tepung sambil diaduk-aduk pelan. Jangan mengaduk adonan kuat-kuat dan aduk hanya sebentar (seperlunya saja) yang penting sebagian besar tepung telah basah dan bercampur larutan. Jika masih ada tepung  yang menggumpal biarkan saja.  Adonan yang terbentuk agak cair dan ketika di sendokkan akan mengalir jatuh dengan mudah.

Tuangkan adonan ke dalam loyang dan masukkan ke dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya. Tutup permukaan dandang dengan kain bersih yang menyerap air kemudian baru ditutup dengan penutup dandang. 


Kukus selama 45 menit dengan api sedang dan jangan membuka penutup dandang selama cake dikukus. Angkat kue dan biarkan agar mendingin sebelum dilepaskan dari loyang. Biarkan cake dingin sempurna di rak kawat. 


Sambil menunggu cake dingin, kita buat toppingnya.

Masukkan coklat blok, mentega dan susu cair ke dalam panci. Panaskan hingga semua bahan meleleh. Angkat. Aduk-aduk coklat hingga menjadi cairan kental.

Pastikan cake benar-benar dingin sebelum diolesi topping. Letakkan alas di bawah rak kawat, siram cake dengan lapisan topping hingga semua permukaannya tertutup topping. Sendoki bahan topping yang meleleh turun dan siramkan kembali ke permukaan yang toppingnya belum merata.  Taburi dengan coklat messes ke seluruh permukaan topping. 


Diamkan cake agar topping mengeras atau masukkan ke kulkas + 10 menit. Potong-potong cake dengan pisau tajam dan cake siap disajikan.  

Cara membuat sudah saya sesuaikan dengan yang saya lakukan, hanya saja saya tidak memakai topping. Hasilnya lembut, coklatnya terasa, warna coklatnya cantik. lain kali gulanya akan saya kurangi jika coklat bubuk saya kurangin, kemarin karena bikin nya dalam waktu sekejap ilmu nya lupa..hehehe, next time di cek komposisi gulanya.
habis mandi ku terus ngemil...
Setelah dimasukkan kulkas akan jadi lebih padat, tapi tetep keren lho hasilnya. kata teh Amel, ponakan ku, kayak puding coklat, dan pengen bikin sendiri di rumah. kemaren mereka ber2 ke toko kue udah beli cetakan lucu, kayaknya bakal keren nih klo bikin cake coklat ini... Teh Amel dan Zelda, selamat belajar bikin kue sendiri ya....
Semoga bermanfaat ya buat yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar