anakku Salma

anakku Salma
Salma di Safari

Selasa, 16 Juli 2013

Tahu Udang & Bakso Udang Tahu

Weekend mendadak pengen masak siang2 buat salma, liat2 kulkas,,, tengok isi kulkas mama yang penuh sekali (maklum lg dirumah mama) tiba2 ma2 promosi td beli udang gede dan bagus, langsung kepikiran "salma blm kenalan sama udang sekalian test apakah alergi apa ga ya"... ketemu tahu cina dikulkas, sepertinya enak perpaduan udang & tahu. bikin bakso saja deh eksperimen lg deh... pembuatan awal pake kira2, resepnya jadi perkiraan dengan takaran pastinya.
dari 1 resep jadi 2 versi

resep Tahu Udang & Bakso Udang Tahu

bahan:
udang 1 buah (ukurannya segede ibu jari, note jari saya mungil), bersihkan kupas dan potong kecil
tahu cina 1/4 bagian
bawang putih 1 siung (kecil), geprek cincang kasar
bawang merah goreng 1/2 sdt
minyak wijen 1/2 sdt
garam, merica
es batu 1 cube
air es 3 sdm
oatmeal 2 sdt
tepung tapioka/kanji 3 sdt

cara membuat:
1. siap kan panci dengan air setengah panci, didihkan airnya sampe benar2 mendidih
2. sambil menunggu air mendidih, taruh dalam food processor semua bahan kecuali tepung kanji. blender sampe benar2 halus.
3. jika air sudah mendidih matikan apinya, 
4. uji coba pertama: dengan bantuan 2 sdt, yang satu ambil adonan 1 sdt masukkan ke dalam air yang panas tadi bersama sendoknya, lalu geser pelan2 dorong dengan sendok yang lainnya. karena adonan lembut jadi harus perlahan2. saya membuat hanya 4 sdt saja...
5. tunggu sebentar sampe berubah warna, nyalakan api kecil saja, masak sampe bola2 nya mengapung (bentuknya pipih, tidak benar2 bulat)
6. siapkan air es dimangkuk kecil, jika sudah mengapung angkat masukkan ke dalam air es. tunggu sampe dingin, sisihkan.... jadilah tahu udang (rasa n tekturnya masih tahu banget, tapi bentuknya bulat pipih)
7. uji coba kedua: tambahkan tepung kanji, aduk hingga rata.... proses nya berikutnya sama bengan yang pertama, jadinya kenyal bakso... tapi tetep bentuknya ga bulat karena adonannya masih tidak kental.

Dari sini lah tercetus ide, tak selamanya bakso itu bulat...hehehe, rasanya cukup oke lho dan yang paling penting salma suka.. paling suka sama si tahu udangnya.
Horeeeee,,,, salma ga alergi. alhamdulillah....
masakan campur 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar