anakku Salma

anakku Salma
Salma di Safari

Jumat, 21 Juni 2013

Donat tanpa diuleni ala JTT

Resepnya hasil adaptasi dari Just Try and Taste, tapi saya bikin hanya 1/2 resep karena rencananya mau bikin buat salma dan cemilan buat ibu dan bapaknya, karena ibunya doyan donat.
Ini resep Originalnya: 
Paczki
Resep diadaptasikan dari About.com, Eastern European Food - How To Make Paczki

Untuk 13 buah paczki diameter 3 cm

Bahan:
- 2 sendok makan gula pasir ----> 1 sdm
- 2 sendok makan mentega ------> 1 sdm
- 100 ml susu cair hangat --------> 50 ml
- seujung kuku garam
- 1/4 sendok teh vanili bubuk ----> esense vanili
- 2 butir telur ayam  ----------------> 1 butir
- 1 sendok teh ragi instant (saya pakai Fermipan)------------------> 1/2 sdt, munjung
- 220 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar) --> 110 gr
- selai favorit anda secukupnya   --> saya ga pakai, diganti taburan gula halus

Cara membuat:

Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan gula pasir, mentega dan susu cair hangat. Aduk hingga mentega larut dan tercampur baik. Tambahkan vanili bubuk dan garam, aduk rata. 

Masukkan telur ayam, pastikan susu telah mendingin saat memasukkan telur agar telur tidak menggumpal matang. Aduk menggunakan spatula balon hingga tercampur, masukkan ragi instant, aduk hingga ragi larut. 

Bagi tepung terigu menjadi 4 bagian. Sisihkan 1 bagian tepung, kita akan menggunakannya sebagai taburan di meja saat menguleni adonan. Masukkan setiap bagian tepung secara bertahap, aduk menggunakan spatula setiap kali memasukkan bagian tepung terigu. Adonan yang terbentuk lembek dan lengket. 

Taburi meja kerja anda dengan tepung terigu yang tadi kita sisihkan. Tuangkan adonan dari mangkuk ke atas taburan tepung di meja. Uleni adonan dengan gerakan ringan, dengan cara melipat-lipatnya dari bagian tepi adonan ke tengah. Tangan anda harus tertutup tepung agar adonan tidak lengket di jari-jari tangan. Uleni selama 5 menit, hingga semua tepung terigu habis dan menyatu di adonan. 

Note: Jika anda akan menguleninya di dalam mangkuk, maka semua bagian tepung terigu anda masukkan ke dalam mangkuk secara bertahap.

Bulatkan adonan, olesi permukaan mangkuk bekas adonan dengan sedikit minyak, letakkan bulatan adonan di dalamnya. Tutup dengan kain bersih. Istirahatkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat. Kempiskan adonan.

Taburi permukaan meja dan kayu penggilas dengan sedikit tepung, letakkan adonan diatasnya. Gilas adonan dengan ketebalan 1 - 1,5 cm. Cetak dengan cookie cutter atau alat pemotong lainnya berbentuk bulat. Tata adonan di atas loyang beralas kertas minyak atau taburan tepung agar tidak lengket. Lakukan hingga semua adonan habis. Istirahatkan selama 30 menit hingga adonan mengembang. 

Panaskan minyak agak banyak di wajan, gunakan api kecil saja untuk menggoreng paczki agar mengembang sempurna dan tidak lekas gosong. Masukkan paczki hingga terendam minyak. Goreng paczki secara bertahap, jangan memasukkan banyak adonan ke dalam minyak kecuali jumlah minyak yang anda gunakan sangat banyak. Saya hanya memasukkan 3 buah adonan setiap kali menggoreng. Goreng hingga permukaannya coklat keemasan, balik-balik selama digoreng. Angkat dan tiriskan. 


Tambahan informasi, saya mengadon hanya dengan spatula tidak menggunakan whisk, untuk ngocok telurnya pake garpu.
Karena tidak diuleni, adonannya lembut sekali, awalnya saya bentuk kelinci tapi ternyata waktu mau goreng sudah banget adonan jadi molor. Lebihan adonan yang tidak bisa tercetak, saya bulatkan dan diamkan sebentar dan hasilnya lucu bulet2 lebih cantik dari yang dibentuk.
Waktu di goreng harus dengan minyak banyak karena adonannya akan mengembang kembali.
 
Hasilnya tidakk sempat di foto, masih anget udah disantap kita semua, ibunya uadah asik makan donat, lupa ga foto dulu, nanti aja deh fotonya pas berhasil dalam membentuk.
 
Resep ini bakal jadi resep andalan saya nih...heheheehe

2 komentar: