anakku Salma

anakku Salma
Salma di Safari

Senin, 17 Juni 2013

Churos a.k.a Sus Goreng

Churos... istilah lain untuk sus goreng,,, ga punya oven jadi bikin nya yang digoreng aja. Camilan ini salah satu favorit ibunya salma dari jaman dulu kala... sekarang perdana bikin buat salma ku sayang, semoga juga doyan... Dapet resepnya dari mommies daily, tapi karena resepnya banyak, jadi agak dikarang supaya jadinya hanya 1/3 resep saja.. Akhirnya ngarang didapur, dengan mengeluarkan semua bahan dan peralatan... Tara... Alhamdulillah sukses, senangnya membuatnya mudah, cepat dengan bahan yang irit (semakin semangat ngarangnya....hehehehe). Resepnya jadi begini:


Churos a.k.a Sus Goreng 

bahan:
125 ml air
4 sdm margarin
1/8 sdt garam
1/2 cup terigu
1 butir telur, kocok lepas
minyak untuk menggoreng
Taburan (optional): gula halus dan kayu manis bubuk

Cara membuat:
1. Masak diatas wajan, air+margarin+ garam sampai mendidih
2. masukkan tepung sambil diaduk dengan whisk hingga wangi harum margarinnya keluar
3. matikan api biarkan uap panas hilang,. tambahkan telur aduk hingga rata (adonan agak padat, jadi diaduk aja perlahan yang penting rata)
4. taruh dalam "piping bag" (plastik segitiga), masukkan ke dalam kulkas minimal 30 menit
5. panaskan minyak dalam wajan, keluarkan adonan bentuk dan goreng hingga kecoklatan.
6. sajikan dengan taburan campuran gula halus dan kayu manis bubuk.

Adonan memang saya bikin lebih padat agar tidak mudah menyerap minyak, dan tidak mengembang ketika digoreng, serta tidak mengempis ketika dingin. Alhamdulillah sukses.

kemarin bikin tidak diberi taburan apa-apa. hanya begini saja karena buat camilannya salma. Ludes, sampe ga sempet difoto dulu sama ibunya.

Tips : Jika tidak ada plastik segitiga, saya menggunakan plastik bening kiloan itu, gunting ujungnya sesuai selera dan dicetak, oke oke aja jadinya. cantik hasilnya... cuma hati-hati ketika menekan adonanya, karena plastiknya tipis dan adonannya agak padat, klo terlalu bersemangat plastik bisa bocor atau pecah.

Bikin juga buat bapak ibunya, karena ini resep favorit ibunya salma dari kecil, tapi aku bentuk bulat cincin. Jadinya kayak donat kecil. lucu juga ternyata jadinya.Penampakan terlampir


Gaya makannya ini lho kyk minta digigit..hehehe


Semoga berbagi resepnya bermanfaat, Amin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar