anakku Salma

anakku Salma
Salma di Safari

Jumat, 02 Mei 2014

Roti Tanpa Telur dengan "Water Roux"


Masih setia dengan mengurangi konsumsi jumlah telur, tapi kepengen makan roti rotian apa aja mau donat, pizza atau bakpao (itu aja yang memungkinkan dibikin maklum blm punya oven)
dapet resep dari BKR lagi resepnya mbak ika ..... intinya bikin roti tanpa telur dengan metode water roux (adonan tepung yang dimasak sampe kental).

Photo is loading

akhirnya bikin juga dengan resep :
Ika Sayekty Prasetyadewi ~ Donat Empuk Tanpa Telur ~
Bahan water roux (tangzhong) : 25 gr terigu protein tinggi 125 ml air
Bahan utama : 1 sdm ragi instant 50 ml air hangat 1 sdt gula pasir 200 gr terigu protein tinggi (saya pake merk Cakra) 50 gr terigu protein sedang 1 sdm gula pasir 2 sdm susu bubuk 3-5 sdm air hangat ( gunakan jika diperlukan saja) 50 gr margarin Gula donat untuk taburan,DCC,WCC,dll
Cara membuat : 1. Water roux : campur terigu dan air dan diaduk sampai licin. Nyalakan api kecil dan aduk sampai sedikit mengental. Segera matikan api dan biarkan dingin sambil ditutup supaya tidak berkulit. 2. Campur ragi instant, air hangat dan 1sdt gula pasir, biarkan selama 15 menit supaya berbuih. 3. Campur kedua macam terigu, 1 sdm gula pasir dan susu bubuk, aduk rata. Masukkan adonan water roux dan larutan ragi instant. Uleni sampai menggumpal. Jika terlalu kering, tambahkan air, tapi jika terlalu lembek tambahkan terigu. Masukkan margarin, uleni sampai benar-benar kalis. 4. Fermentasikan adonan sampai mengembang selama 45 menit 5. Siapkan baki/loyang bertabur terigu. Kempiskan adonan, bentuk bulat-bulat dan letakkan di atas baki/loyang. 6. Panaskan minyak yang cukup banyak menggunakan api kecil. Lubangi bagian tengah donat (saya pake pangkal spuit). Segera masukkan dalam minyak dan goreng serta diputar-putar menggunakan sumpit supaya donat bisa membulat bentuknya. Perhatikan, donat akan mengembang kembali. Gunakan api kecil supaya matang sampai ke dalam dan tidak gosong. Jika bagian bawah sudah kuning kecoklatan, balik dan goreng sampai matang. 7. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin sajikan dengan toping sesuai selera.

Woooooowwwww.... ga nyangka saya bisa bikin roti ngembang n empuk tanpa telur, takjub banget karena hasil roti nya buat pizza lebih empuk dari adonan roti yang lain yang pernah sebelumnya saya bikin. 

kemarin adonan roti ini dibikin donat, roti goreng isi sosis dan pizza mini. oke banget nih wajib dicoba lagi..hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar