anakku Salma

anakku Salma
Salma di Safari

Jumat, 17 Mei 2013

Pizza Goreng ala just try and taste (resep original)

Idaman banget baca webnya "mbak endang" ini, salah satu resep yang membuat saya tercengang, ga ada oven pun pizza nya juga bisa dibikin, inspiratif banget ya resepnya. numbang nyimpen ya mbak, biar ga lupa klo mau praktek. Liatnya menggoda iman banget, dan "say no to diet"...hehehe, pokoknya selagi homemade no problemo...

Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang
Resep adonan pizza diadaptasikan dari Peter Reinhart's Napoletana Pizza Dough Recipe dari website 101 Cookbooks Heidi Swanson
Resep isi daging cincang hasil modifikasi sendiri

Untuk 6 buah pizza diameter + 15 cm

Bahan adonan pizza:
- 400 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar) + 50 gram untuk menabur meja dan menguleni adonan
- 300 ml air dingin
- 30 ml minyak goreng, saya menggunakan minyak zaitun
- 1 sendok teh ragi instan (7 gram), pastikan fresh, ragi masih aktif dan cek masa kedalursanya

Bahan dan bumbu isi daging cincang:
- 300 gram daging sapi cincang
- 4 butir bawang merah, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 4 sendok makan saus spaghetti botolan siap pakai
- 2 sendok makan saus tomat
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk instan
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- seujung kuku mixed herbs/Italian seasoning
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan lain:
- saus sambal botolan secukupnya untuk olesan, jika suka
- keju Kraft cheddar atau Kraft mudah meleleh, secukupnya

Cara membuat:
Membuat isi daging cincang



Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. 

Masukkan daging sapi cincang, masak dan aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan saus spaghetti, saus tomat, gula, garam, kaldu bubuk dan mixed herbs. Aduk rata. Masak hingga tumisan daging mengering dan matang. Cicipi rasanya. Angkat.

Membuat adonan pizza
Untuk proses pembuatan adonan pizza yang lebih detail, anda bisa klik disini. Adonan tidak perlu dibuat satu hari sebelumnya sebagaimana yang tercantum di resep Pizza Pepperoni yang pernah saya posting di link tersebut.



Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan adonan. Aduk rata dengan spatula hingga menjadi adonan basah yang kasar. Siapkan meja datar, taburkan tepung pada permukaan meja. Tuangkan adonan tepung ke atasnya. Uleni adonan hingga lembut, lentur dan kalis. Sesekali taburi permukaan meja dan lumuri tangan anda dengan tepung jika adonan terasa lengket di tangan. 

Adonan yang terbentuk lembek dan lentur jadi jangan menambahkan banyak tepung ke dalamnya. Selalu taburkan tepung pada meja tempat menguleni adonan dan bukan langsung pada adonan.

Jika adonan telah kalis, olesi mangkuk bekas menguleni adonan dengan minyak goreng. Bulatkan adonan dan letakkan di tengah mangkuk. Tutup dengan kain bersih dan istirahatkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat.



Kempiskan adonan dan bagi menjadi 12 potong, masing-masing dengan berat sekitar 80 - 100 gram. Bulatkan sepotong adonan dengan menggelindingkannya di telapak tangan. Letakkan di permukaan meja bertabur tepung. Pipihkan bulatan adonan dengan menekannya menggunakan ujung jari dan telapak tangan hingga adonan melebar dengan diameter + 15 - 20 cm. 



Olesi permukaannya dengan saus sambal menggunakan kuas hingga rata. Taburi dengan 2 - 3 sendok makan tumisan daging cincang. Taburi dengan keju Kraft mudah meleleh atau cheddar secara merata di atas tumisan daging. 

Ambil sepotong adonan lagi, bulatkan dan pipihkan menjadi bentuk piring lebar dengan diameter yang sama. Letakkan adonan ini ke permukaan adonan yang telah ditaburi dengan tumis daging dan keju parut. Rapatkan dan tekan-tekan bagian pinggirnya dengan ujung jari agar menyatu rapat sehingga isi tidak berhamburan keluar. 



Menggunakan telapak tangan, tekan bagian tengah pizza secara perlahan hingga melebar dan tidak terlihat gendut di bagian tengah sambil jari-jari tangan merapikan bentuknya agar membulat cantik.



Siapkan pan penggorengan teflon anti lengket, basahi permukaan wajan dengan 1 -2 sendok makan minyak goreng, ratakan. Panaskan wajan kemudian letakkan pizza yang telah diisi ke tengah wajan. Tekan dan rapikan dengan spatula hingga bentuknya bulat rapi.

Goreng dengan api kecil hingga permukaan bawahnya kuning kecoklatan, balikkan pizza dan goreng sisi sebelahnya hingga matang. Angkat dan tiriskan di piring beralas tissue dapur. 

Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. 

Pizza siap disantap panas-panas dengan saus sambal. Yummy!

Sources:
Resep adonan pizza diadaptasikan dari Peter Reinhart's Napoletana Pizza Dough Recipe dari website 101 Cookbooks Heidi Swanson 
Wikipedia - Deep-fried pizza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar