anakku Salma

anakku Salma
Salma di Safari

Selasa, 04 November 2014

Eggroll (Semprong)

Cerita sedikit dulu tentang eggroll ini, dulu dari saya masih kecil sangat suka sekali dengan makanan ini sampe si mama sering beliin kita yang merk monde di kaleng sama ada yang kemasan kecil tengahnya ada coklatnya merk nissin yang bungkus depannya gambar kucing (nostalgia banget ya), setelah saya besar makin lama kok makanan ini mahal banget ya, tapi tetep aja dibeli walaupun yang kemasan kecil. Sampe saya berkeluarga pun saya masih suka jajan ini sesekali, ternyata suami dan anaknya doyan juga.

Iseng2 beli cetakan eggroll dengan harapan bisa bikin sendiri, lumayan walaupun cuma sedikit. Tiba2 ada rasa pengen nyobain bikin cari resep di group ncc ketemu deh resep nya, coba hanya 1/2 resep (2 telur saja), waw hasilnya banyak ya... tapi panggangan pertama, kedua, ketiga gosong... mulai belajar sabar dihitung pelan2 jangan kelamaan, hore.. berhasil... ga gosong, tapi ngegulungnya lumayan tuh pake bantuan sumpit, bikin berikutnya anaknya bangun tidur, baru mateng dingin langsung dimakan, ga sempet disimpen di toples, biar cepet akhirnya dilipet aja kayak semprong. alhasil lumayan sempet masuk toples beberapa. lumayan buat cemilan bapaknya.

Anaknya seneng banget deh makan itu, akhirnya yang sempet masuk toples hanya beberapa pcs aja, baru sempet foto kemaren deh.


So Crunchy & yummy,,, next time klo bikin lagi jangan anaknya bangun tidur. biar bisa menuhin toples...hehhehehe

Berikut resepnya :

EGGROLL - NCC

Bahan A:
4 btr telur.
150 gr gula pasir.
1 sdt emulsifier

Bahan B:
150 gr tepung terigu.
2 sdm Tepung sagu
1 sdm susu bubuk.
1 sdt baking powder.

Bahan C:
100gr margarin, lelehkan.

Cara membuat:
1. Kocok bahan A hingga mengembang, kental & putih.
2. Masukkan bahan B, aduk dengan mixer speed rendah sampai rata.
3. Masukkan margarin aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata dan homogen.
4. Panaskan cetakan eggroll/kue semprong, olesi dengan minyak goreng. Tuang satu sendok adonan ditengahnya, tutup cetakan, bolak-balik selama kurang lebih 2menit.
5. Buka cetakan, gulung dg sumpit. Biarkan setengah dingin & lepaskan.
6. Lakukan hingga adonan habis.
7. Biarkan dingin dan simpan dalam toples kedap udara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar